18 February 2015

Chaikin Money Flow

Chaikin Money Flow adalah indicator yang dibuat oleh seoarang analis saham Mark Chaikin. Indicator ini termasuk dalam jenis volume indicator karena  menggunakan  volume dalam perhitungannya. 

Chaikin Money Flow adalah oscillator yang mengkombinasi volume dan pergerakan harga. Saat saham ditutup di dekat high pada sesi tersebut dan diikuti dengan volume yang tinggi maka ini menandakan bullish. Sebaliknya saat saham ditutup di dekat low pada  sesi  tersebut  dan  diikuti dengan  volume yang tinggi pula maka menandakan bearish. Ini akan memudahkan dalam menentukan apakah buyer atau seller yang sedang mengontrol pasar.


Chaikin Money Flow berfluktuasi antara -1 sampai 1. Saat Chaikin Money Flow dekat dengan 1 maka buying pressure semakin tinggi. Sebaliknya saat nilai Chaikin Money Flow dekat dengan -1 maka selling pressure semakin kuat. Setting default Chaikin Money Flow adalah 21-period.

Kegunaan Chaikin Money Flow

1. Konfirmasi Trend


Chaikin Money Flow dapat digunakan untuk mengkonfirmasi trend. Saat uptrend nilai Chaikin Money Flow di atas 0 mengindikasikan uptrend akan terus berlanjut. Sedangkan Saat downtrend nilai Chaikin Money Flow di bawah 0 akan mengindikasikan downtrend akan  terus berlanjut.

2.  Signal Cross


Saat Chaikin Money Flow melakukan cross di atas atau di bawah 0 maka dapat menjadi signal mengambil posisi. Bullish cross terjadi saat Chaikin Money Flow naik di atas 0 sedangkan bearish cross terjadi saat Chaikin Money Flow turun di atas 0.

3. Divergence


Divergence yang terjadi antara harga dan Chaikin Money Flow dapat memberikan signal kemana harga akan bergerak. Saat terjadi bullish divergence maka harga berpotensi naik. Sebaliknya saat terjadi bearish divergence maka harga selanjutnya berpotensi turun seperti contoh pada chart di bawah ini.

Kelemahan Chaikin Money Flow


Chaikin Money Flow hanya memperhitungkan posisi close saat ini dibandingkan dengan range antara high low sehingga gap tidak diperhitungkan. Saat terjadi gap maka ada ketidaksesuaian antara harga dan Chaikin Money Flow.

Penutup

Chaikin Money Flow adalah indicator yang dapat memberitahu kita tentang buying pressure (tekanan beli) dan selling pressure (tekanan jual). Dengan berbagai  kegunaannya, tentunya Chaikin Money Flow dapat menjadi pilihan indicator yang bisa digunakan selain indicator-indicator yang telah umum digunakan seperti Stochastic, MACD, dan RSI. Namun Chakin Money Flow tidak bisa digunakan sendiri, perlu alat technical analysis atau indicator lainnya