16 September 2015

Tujuh Hal Yang Diperlukan Untuk Menjadi Trader Yang Hebat

Semua orang bisa saja menjadi trader. Namun tidak semua trader tersebut dapat menjadi trader yang hebat. Hal-hal apa sajakah yang mampu membuat trader menjadi trader yang hebat?

Untuk menjadi seorang trader yang sukses sama dengan profesi-profesi lain. Kita memerlukan dedikasi pada tujuan, banyak kerja keras, dan mampu bangkit kembali saat gagal.

Berikut ini adalah tujuh hal yang dibutuhkan untuk menjadi trader yang hebat.

1. Memiliki visi
Kita perlu mengerti alasan kenapa kita trading. Seringkali ini tidak hanya terkait dengan uang saja. Dengan memiliki pandangan kenapa kita memilih trading akan sangat penting bagi kita. Ini akan memotivasi dan membantu kita dalam mencapai tujuan, terutama saat segalanya kelihat sulit. Trading adalah bisnis yang sulit. Jika kita tidak punya visi dan tujuan yang jelas atas apa yang kita lakukan dalam trading, maka trading ini akan menjadi semakin sulit.

2. Memiliki komitmen dalam melaksanakan visi dan melaksanakan misi harian
Untuk mencapai tujuan maka kita perlu proses. Dalam proses ini kita tiap hari menentukan apa yang ingin dicapai. Oleh karenanya kita perlu memiliki jurnal trading yang mencatat perkembangan trading kita. Bukan hanya profit atau loss saja yang dicatat, namun yang  lebih penting adalah perkembangan pribadi kita dalam proses pertumbahan menjadi trader.

3. Tahu apa yang dapat kita kontrol dan yang tidak dapat kita kontrol
Kita tidak dapat mengontrol apakah posisi trading kita akan menghasilkan profit atau loss. Yang dapat kita kontrol adalah bagaimana kita bereaksi terhadap pasar. Untuk menjadi trader yang konsisten pertama-tama kita kita harus dapat mengontrol bagaimana kita merespon pasar dan bagaimana tindakan kita.

4. Fokus pada proses trading daripada hasilnya
Kita dapat mengontrol pemilihan posisi trading, resiko, kapan exit. Namun kita tidak mengontrol bagaimana hasilnya nanti. Pusatkan perhatian pada apa yang dapat kita kontrol, yaitu proses trading dan bukan hasilnya. Proses inilah yang dapat memberikan hasil yang berbeda.

5. Kembangkan skill mental untuk dapat trading dengan lebih baik.
Skill teknikal penting dalam trading. Namun skill mental juga penting. Ini yang seringkali dilupakan oleh banyak trading. Belajarlah fokus pada  apa  yang  dikerjakan saat ini. Belajar untuk secara mental tidak terus mengingat loss dan kesalahan. Belajar untuk membiarkan profit bertambah dan mengcut loss.

6.  Berlatih trading
Seorang pemain sepakboal profesional tidak tiba-tiba datang ke stadion dan langsung bertanding dengan baik. Mereka membutuhkan banyak jam untuk berlatih. Demikian juga kita sebagai trader perlu banyak berlatih trading. Ini perlu keseriusan karena banyak trader yang hanya ingin hasil tapi tidak mau bersusah payah melalui proses berlatih.

7. Hanya trading satu posisi saja
Dengan hanya trading satu posisi saja maka kita akan lebih fokus. Kita akan mencurahkan pengetahuan dan skill kita hanya untuk posisi tersebut. Ini sangat membantu sekali dalam mengembakan kemampuan trading.

Dengan dedikasi penuh, tujuh hal ini jika kita laksanakan maka akan membantu kita menjadi trader yang hebat.