15 November 2014

Bagaimana Cara Membangun Keyakinan Untuk Menang ?

Pernah bertanya-tanya mengapa beberapa orang tetap menang dan mengapa beberapa orang jarang menang? Pernah berpikir ada orang-orang tertentu dalam masyarakat yang dilahirkan untuk menjadi kaya sementara yang lain hanya biasa-biasa saja atau malah kekurangan? Jika Anda pernah memikirkan hal ini, saya yakin seseorang pernah memberitahu Anda bahwa ini adalah apa yang mereka sebut nasib atau takdir dan beberapa mengatakan itu karena keberuntungan.

Jika Anda telah diberitahu bahwa Anda tidak termasuk dalam kelompok elit orang tertentu atau bahkan jika Anda diberitahu bahwa Anda tidak dilahirkan untuk menjadi sukses, maka silakan baca ini dengan seksama. Karena, dan untungnya untuk Anda hari ini, saya berharap untuk membantu Anda bangun dari semua ini dan berharap bahwa Anda akan menyadari bahwa semua kisah-kisah menyedihkan dan mengecewakan hanya omong kosong.

Pada hari-hari saat Anda sedang down atau sedih, beberapa orang mungkin telah menggunakan beberapa kata-kata di atas untuk menghibur Anda. Sayangnya, mereka sengaja memasang keyakinan yang membatasi keyakinan kita dan memberikan cerita yang membuat Anda berpikir bahwa Anda tidak dilahirkan untuk menjadi pemenang. Namun saya akan membantu Anda mengatasi hal-hal yang membatasi keyakinan Anda dan belajar cara menginstal keyakinan untuk menang dalam diri Anda.

Siklus Keyakinan

Pertama-tama, jika Anda ingin membangun keyakinan Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk memahami bagaimana pikiran Anda bekerja. Siklus keyakinan untuk menang adalah mekanisme dasar pikiran karena menentukan apakah Anda akan berhasil atau tidak. Agar lebih mudah dipahami, saya akan menggunakan analogi mengendari mobil.

Keyakinan Positif

Ketika Anda pertama kali mulai belajar mengendarai mobil (dengan asumsi Anda sekarang memiliki SIM), Anda benar-benar yakin bahwa mengendarai mobil itu mungkin. Sementara tidak ada yang pernah mengatakan kepada Anda sebelumnya bahwa Anda akan mengendarai mobil suatu hari nanti, kemungkinan Anda telah melihat mobil yang dikemudikan di kota, di TV atau bahkan di Formula 1. Lebih dari itu, Anda telah melihat mobil sejak usia yang sangat muda dan bahkan sebelum Anda menyadarinya dan merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan Anda (bagi sebagian orang setidaknya).

Anda lihat, sejak usia muda, keyakinan bahwa Anda dapat mengendarai mobil sudah ada di siklus keyakinan Anda dan Anda tahu Anda bisa melakukannya - saya sebut ini keyakinan positif. Bahkan, satu-satunya pertanyaan yang Anda miliki adalah "Kapan" Anda akan mendapatkan SIM Anda bukan "Jika" Anda akan mendapatkan lisensi Anda. Dapatkah Anda melihat perbedaan dalam sikap ini?

Riset dan Edukasi

Maka tibalah hari saat Anda sudah siap untuk mulai belajar mengemudi. Bagi beberapa orang, mereka akan sangat gembira. Anda mulai mencari kursus mengemudi dan Anda mulai bertanya pada keluarga Anda, teman atau bahkan kerabat pada hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang mengemudi.
Bila Anda memiliki memiliki keyakinan positif dalam diri Anda, Anda secara otomatis akan menanyakan tentang hal itu karena kepercayaan dalam diri Anda membuat Anda ingin tahu tentang melakukannya dan itu membuat Anda lapar akan informasi. Anda mulai bertanya bagaimana, apa, kapan dan mengapa pertanyaan hanya untuk memuaskan dorongan dalam siklus keyakinan Anda.

Action

Selanjutnya, Anda akan mengambil tindakan dengan menghadiri kursus mengemudi untuk mendidik diri sendiri dengan pengetahuan yang benar untuk mengemudi. Beberapa lulus uji teori pada upaya pertama, tapi beberapa tidak.

Jika Anda lulus tes teori, Anda mendaftar untuk kelas mengemudi. Setelah sejumlah besar pelajaran mengemudi, Anda melanjutkan untuk mengambil tes mengemudi Anda. Sekali lagi, beberapa lulus pada upaya pertama tapi beberapa tidak.

Hasil

Jika Anda tidak lulus tes mengemudi pada upaya pertama, maka Anda mengulangi tes kembali. Namun, itu tidak masalah karena keyakinan di dalam diri Anda tahu bahwa Anda akan berhasil akhirnya. Jadi Anda terus melakukan itu sampai Anda lulus. Bahkan, setiap kali Anda gagal ujian mengemudi, Anda akan diberitahu apa yang benar atau salah. 

Memperkuat Keyakinan

Setelah Anda lulus ujian mengemudi Anda, Anda tahu Anda adalah seorang sopir yang memiliki SIM. Lebih penting lagi, SIM tersebut akan membuat  Anda  memiliki keyakinan bahwa Anda mampu untuk mengemudikan sendiri dan akan meningkatkan kepercayaan diri Anda saat mengemudi.

Pentingnya Siklus

Dapatkah Anda melihat hubungan di setiap kategori dalam Siklus Kepercayaan? Jika tidak, mereka semua berkaitan dari satu kategori ke yang lain. Satu tidak bisa melakukan tanpa yang lain dan Anda tidak bisa melompat dari satu kategori ke lain tanpa melalui urutan yang benar. 
Siklus keyakinan ini akan membuat dampak yang positif buat diri Anda. Sebagai contoh:
  • Ini membuat Anda lapar akan informasi
  • Ini membuat Anda mengambil tindakan
  • Ini mendorong Anda untuk mengambil langkah pertama dalam segala hal yang Anda lakukan
  • Ini memberi Anda sikap "bisa melakukan" karena Anda tahu Anda akan pada akhirnya pasti bisa
  • Ini memberi Anda kepercayaan diri atas kemampuan Anda sendiri

Sekarang bayangkan jika Anda menerapkan siklus keyakinan yang sama dalam trading Anda. Kapan Anda berpikir bahwa Anda dapat seperti Warren Buffett atau George Soros. Ingatlah bahwa satu-satunya pertanyaan yang Anda miliki adalah "Ketika" dan bukan "Jika"!