12 November 2014

Tujuh Aturan Money Management Yang Telah Teruji Oleh Waktu


  1. Selalu lindungi modal. Trader seharusnya membatasi loss maksimal 1% dari total modal untuk setiap satu posisi.
  2. Selalu trading dalam arah yang sama dengan trend dalam jangka yang lebih panjang, terutama trend yang berlangsung selama beberapa bulan atau tahun. Pada bull market, cari kesempatan hanya untuk open long dan close long. Pada bear market, cari kesempatan hanya open short dan close short.
  3. Selalu gunakan stop. Short-term  trader seharusnya membatasi loss maksimal 2% untuk setiap posisi. Trader dengan jangka waktu lebih lama dan investor seharusnya membatasi loss 7,2% pada posisi long dan 8,4% pada posisi short.
  4. Selalu exit posisi yang loss sebelum penutupan pada hari tersebut untuk para short-term trader (dengan time horizon dihitung berdasar hari). Untuk trader dengan jangka waktu lebih lama seharusnya menetapkan time stop yang sesuai dengan siklus yang berusaha mereka tangkap, ini bertujuan untuk menghindari modal terikat pada posisi yang bergerak tidak sesuai dengan yang diharapkan.
  5. Selalu pertimbangkan bet size dan diversifikasi. Maksimal 5% dari total modal untuk setiap satu posisi.
  6. Selalu hitung reward risk ratio. Lakukan transaksi hanya jika analisa Anda mengindikasikan reward risk ratio adalah 3 : 1.
  7. Ambil waktu di luar trading jika Anda mengalami total loss 5% dari modal Anda. Ini memberikan Anda waktu untuk dengan tenang mengevaluasi kembali trading Anda. Beberapa hari istirahat trading membantu membersihkan pikiran Anda. Ini juga membantu Anda menghindari trading untuk balas dendam, yaitu tindakan nekat untuk secara cepat mendapatkan profit sebagai ganti loss yang sebelumnya Anda derita.
Perlindungan modal seharusnya menjadi aturan pertama dalam trading dan investasi. Kita membutuhkan waktu untuk mengumpulkan modal, tapi modal tersebut dapat hilang dengan cepat jika aturan trading kita salah. Terutama sekali para pemula seharusnya memasukkan aturan ini dalam hati dan memulai trading dengan transaksi yang kecil dari modal mereka sampai mereka benar-benar mendapatkan edukasi real-time dari pasar