12 November 2014

W. D. Gann

W. D. Gann adalah legenda dunia trading. Gann adalah salah satu trader saham dan komoditi yang paling sukses di dunia. William Delbert Gann lahir pada tanggal 6 Juni 1878 di sebuah tanah pertania di Lufkin, Texas. Gann merupakan anak pertama dari 11 bersaudara. 

Gann tidak pernah tamat Sekolah Dasar karena dia harus bekerja untuk membantu keluarganya. Pada usia 13 tahun, Gann berjualan rokok dan koran di kereta api. Di kereta api tersebut Gann sering mendengar pembicaraan tentang trading. Gann mulai bertanya-tanya apakah benar bisa memprediksi masa depan, karena pembicaraan yang sering dia dengar adalah sekitar memprediksi harga cotton.
Sejak tahun 1902, Gann mulai trading di pasar saham dan komoditi. Setahun kemudian Gann pindah ke New York dan bekerja di salah satu perusahaan broker besar di New York. Pada tahun 1908 Gann membuka perusahaan broker sendiri bernama W. D. Gann & Co. 

Pada bulan September 1909, Gann memperbolehkan wartawan untuk meliput apa yang dia lakukan di New York Stock Exchange. Wartawan tersebut melaporkan bahwa Gann menghasilkan tingkat kemenangan yang luar biasa, yaitu 92% selama 30 hari  dari sekitar 250-an transaksi. Selama hidupnya Gann mengklaim memperoleh keuntungan sebesar 50 juta dollar, atau kira-kira sebesar 500 juta dollar untuk ukuran uang saat ini.

Gann mendasarkan metode tradingnya pada “waktu” dan bukan harga”. Ini membuat Gann tidak hanya dapat menentukan kapan trend akan berubah, tetapi dapat juga menentukan berapa harga terbaik untuk masuk dan keluar dari pasar. Selain itu Gann  juga mempelajari ilmu geometri dan astrologi kuno. 

Pada tahun 1919, saat Gann berusia 41 tahun, dia menulis analisa harian pasar, The Supply and Demmand Letter, yang mencakup saham dan komoditi serta ramalan tahunan. Ramalan pasar yang dibuat Gann diperkirakan mencapai tingkat keakuratan sebesar 85%. 

Selain membuat ramalan di pasar saham dan komoditi, Gann juga membuat ramalan di luar dunia investasi. Gann meramalkan Perang Dunia I pada tahun 1914 dan ini membuat kepanikan di pasar saham. Pada bulan Maret 1918, Gann memprediksi akhir Perang Dunia I. Dibukunya yang berjudul “The Tunnel Through The Air” yang terbit pada tahun 1927, Gann memprediksi Jepang akan menyerang Amerika Serikat. Prediksi Gann ini terbukti dengan serangan Jepang ke Pearl Harbour pada Perang Dunia II.

Pada akhir hidupnya, Gann tinggal di Miami, Florifa. Gann akhirnya meninggal pada tahun 1977, pada usia 77 tahun, karena penyakit kanker. Namun teknik Gann masih terus digunakan saat ini oleh banyak trader di seluruh dunia. Tanpa perlu diragukan lagi, W. D. Gann adalah legenda di dunia trading.

Pelajaran dari W.D. Gann :
  • Dalam trading tidak memerlukan dasar pendidikan formal khusus untuk dapat mempelajari trading. Gann tidak pernah tamat Sekolah Dasar, namun dia mampu mencapai kesuksesan. Yang terpenting adalah kemauan untuk belajar dan terus belajar!