15 November 2014

Trading Menggunakan Moving Average

Pertama-tama, Moving Average yang dipergunakan di sini adalah Exponential Moving Average (EMA) karena lebih dinamis dan responsif terhadap pergerakan harga dibandingkan dengan Simple Moving Average (SMA).

Berikut adalah beberapa cara menggunakan   EMA   dalam   trading :

1. Untuk mengidentifikasi trend


EMA adalah alat yang baik untuk mengidentifikasi trend dan dapat digunakan pada semua time frame. Kita dapat menggunakan 1 atau 2 EMA, misalnya 100 dan 200, untuk melihat trend saat ini.
Jika semua EMA miring ke bawah, pasar dalam keadaan downtrend dan jika semua EMA miring ke atas, pasar dalam keadaan uptrend. (Ini hanya yang cara sederhana untuk menggunakan EMA) 

2. Untuk mengidentifikasi kekuatan trend



Selain mampu mengidentifikasi trend, Moving Average dapat digunakan untuk melihat kekuatan trend. Semakin kuat momentum maka kemungkinan harga bergerak dalam trend semakin besar. Tidak ada gunanya trading dalam trend yang tidak memiliki momentum, oleh karenanya EMA adalah alat yang baik untuk memeriksa momentum dalam trend. Ini bisa dilakukan dengan melihat gradien dari EMA. Gradien EMA yang curam biasanya menunjukkan momentum yang kuat dalam trend sementara gradien yang hampir datar biasanya menunjukkan kurangnya momentum dalam sebuah trend.

3. Sebagai Entry Signal 

Dalam rangka menggunakan EMA sebagai entry signal, kita memerlukan bantuan crossover/perpotongan dari dua atau tiga EMA.


Dua Moving Averages Crossover - Ini adalah 2 EMA, satu cepat dan satu lambat. Setiap kali pemotongan EMA yang lebih cepat  di atas EMA yang lebih lambat, menghasilkan sinyal BUY dan ketika pemotongan EMA yang lebih cepat di bawah EMA yang lebih lambat, menghasilkan sinyal SELL.


Tiga Moving Averages Crossover - Metode ini sangat mirip dengan dua moving average crossover, kecuali EMA yang digunakan adalah 3 dan bukan 2.

Namun dalam trading sebaiknya tidak hanya berdasarkan EMA saja, karena lebih beresiko. Kita dapat menggunakan indikator lain untuk mengkonfirmasi signal yang dihasilkan.