16 November 2014

Cup & Handle

Cup & handle adalah continuation pattern, yaitu patern yang menunjukkan kalau trend akan berlanjut. Cup & handle terjadi saat uptrend. Saat downtrend cup & handle ini dinamakan inverted cup & handle.


Seperti namanya, cup with handle terdiri dari dua bagian, yaitu cup dan handle. Cup muncul setelah pergerakan harga dalam trend dan mengalami konsolidasi. Cup ini seperti mangkok atau huruf U, yaitu harga sempat turun kemudian naik kembali dalam uptrend. 


Tinggi cup seharusnya tidak melebihi 1/3 atau sekitar 30% dari tinggi pergerakan trend sebelumnya. Jadi misalnya harga naik dari 1500 sampai 3000, maka tinggi cup idealnya adalah 500 atau kurang. Namun di pasar yang volatile, tinggi cup dapat mencapai 2/3 dari tinggi pergerakan trend. 

Saat uptrend, setelah harga naik kembali sehingga membentuk cup, kemudian harga mengalami pullback. Pullback ini yang disebut dengan handle. Panjang pullback seharusnya tidak lebih 1.2 atau 50% dari tinggi cup. Semakin pendek pullback yang terjadi, maka semakin bullish pattern ini dan semakin signifikan breakout yang terjadi.

Breakout  biasanya   diikuti  dengan   volume yang tinggi. Untuk mengkonfirmasi cup & handle ini, lebih baik menunggu breakout sampai di atas garis resistance dari tinggi cup atau handle.


Cup pada daily chart dapat berlangsung selama 3 sampai 6 bulan. Sedangkan untuk handle umumnya berlangsung selama 1 sampai 4 minggu. Idealnya dalam waktu 1 bulan handle ini sudah harus selesai dan terjadi breakout.


Pada cup & handle ini kita dapat menghitung target harga. Tinggi target sama dengan tinggi cup dan dihtung dari titik breakout pada garis resistance.