15 November 2014

Rectangle


Rectangle adalah continuation pattern yang menunjukkan kondisi konsolidasi setelah pergerakan trend. Masa konsolidasi ini berada dalam range tertentu dan dibatasi oleh garis support dan resistance horizontal. 

Ada dua jenis rectangle, yaitu bullish rectangle dan bearish rectangle. Bullish rectangle terjadi pada saat uptrend, sedangkan bearish rectangle terjadi pada saat downtrend.


Karena merupakan continuation pattern, pada bullish rectangle akan terjadi breakout dan harga akan bergerak naik. Sedangkan pada bearish rectangle, harga akan mengalami breakdown dan bergerak turun. Target harga pada rectangle sama dengan tinggi rectangle. Misalnya tinggi rectangle adalah 100. Jika pada bullish rectangle breakout terjadi pada harga 900, maka target rectangle adalah 1000 (900 + 100). Sebaliknya jika tinggi rectangle 100 pada bearish rectangle dan  breakdown terjadi pada harga 900, maka targer harga adalah 800 (900 - 800).

Berikut ini adalah contoh rectangle yang terjadi pada chart TRAM. Pada chart ini TRAM berhasil mencapai target harga yang sama dengan tinggi rectangle.