13 November 2014

Ralph Nelson Elliot

Elliot Wave adalah salah satu alat dalam technical analysis yang sangat terkenal untuk meramalkan trend di pasar finansial. Elliot Wave dikembangkan oleh Ralph Nelson Elliot, seorang akuntan, pada tahun 1930an.

Elliot lahir pada 28 Juli 1871 di Marysville, Kansas, dan kemudian pindah ke San Antonio. Sekitar tahun 1896, Elliot mulai bekerja di bidang akuntansi dan selama 25 tahun dia memegang posisi penting di perusahaan kereta api di Mexico dan Amerika Tengah. Elliot mendapat reputasi sebagai organisator bisnis yang handal setelah menyelamatkan banyak perusahaan dari kesulitan keuangan.

Keahlian khusus Elliot ini membuatnya sebagai pilihan yang utama untuk pemerintah Amerika. Pada tahun 1924, pemerintah Amerika memilihya sebagai Kepala Akuntan di Nicaragua, yang sedang dalam kontrol Marinir Amerika saat itu. Elliot kemudian mengaplikasikan pengalaman mengorganisasi  perusahaan untuk mengorganisasi kembali keuangan di Nicaragua. 

Setelah Amerika melepaskan Nicaragua, Elliot pindah ke kota Guatemala dan bekerja sebaga auditor untuk perusahaan kereta api Amerika Tengah. Pada saat itu Elliot menulis dua buku tentang ekonomi dan masalah sosial di Amerika Latin.

Elliot kemudian memutuskan kembali ke Amerika untuk membangun bisnis konsultasi managemen independen. Pada saat itu Elliot mulai merasakan gejala penyakit pencernaan disebabkan oleh amoeba. Ketika masa depan Elliot terlihat semakin cemerlang, penyakitnya tiba-tiba memburuk. Pada tahun 1929, Elliot mengalami anemia yang mengharuskannya terbaring di tempat tidur. Petualangan dan produktifitas Elliot terpaksa harus berakhir pada usia 58 tahun. Beberapa kali dalam jangka waktu lima tahun kemudian, Elliot hampir mendekati ajal.

Elliot membutuhkan sesuatu untuk mempergunakan pikirannya ketika dalam proses penyembuhan. Maka Elliot menaruh perhatian penuh untuk mempelajari perilaku pasar saham. Elliot mengamati berbagai jangka waktu chart pada berbagai index yang mencangkup perilaku pasar saham selama 75 tahun.

Pada Mei 1934, dua bulan setelah pertarungan terakhirnya dengan kematian, observasi yang selama ini dilakukan oleh Elliot telah menjadi satu dalam kumpulan prinsip umum yang dapat diaplikasikan pada pasar saham.  Bekas ahli organisasi bisnis telah menemukan prinsip organisasi dibalik pergerakan pasar. Ketika dia sudah semakin pandai dengan aplikasi prinsipnya serta membetulkan kesalahan pada formulasinya, Elliot menjadi kagum dengan keakuratan prinsipnya.

Pada tahun 1934, Elliot menjadi percaya diri dengan idenya dan kemudian mempresentasikannya pada salah satu anggota komunitas finansial, yaitu Charles J. Collins di Detroit. Collin sebelumnya telah menerima banyak sistem untuk memprediksi pasar dan mayoritas menghasilkan kegagalan. Namun prinsip yang dikemukan Elliot menghasilkan cerita yang lain.

Dow Jones Average telah turun secara terus menerus sepanjang awal tahun 1935. Elliot kemudian menentukan dengan tepat perubahan pasar. Pada minggu ke-2 bulan Februari, Dow Jones Rail Average menembus di bawah tahun 1934 low pada 33.19, seperti yang telah diprediksi Elliot sebelumnya. Ini membuat pasar saham semakin turun, bayangan crash pada tahun 1929-1932 timbul kembali.

Pada hari Rabu, 13 Maret 1935, setelah penutupan, dengan Dow Jones Average ditutup hampir pada low hari itu, Elliot mengirim telegram kepada Collins yang nenyatakan bahwa semua indeks saham telah mencapai bottom. Collin membaca telegram tersebut pada kesokan harinya Kamis 14 Maret 1935, yaitu hari di mana Dow Industrial ditutup paling rendah pada tahun 1935. Sehari sebelum Elliot mengirim telegram, yaitu Selasa  12 Maret 1935 tercatat Dow Jones Rails membuat penutupan paling rendah. Koreksi yang terjadi selama 13 bulan berakhir, dan pasar saham kemudian berubah menjadi bullish.

Dua bulan kemudian, ketika pasar saham terus meningkat, Collin terkesan oleh keakuratan Elliot dan setuju untuk menerbitkan buku The Wave Principle. Buku ini terbit pada 31 Agustus 1938. Beberapa minggu setelah terbitnya buku ini, Elliot pindah ke sebuah apartemen di Brookly, yang cukup dekat dengan distrik finansial Manhattan. Pada tanggal 10 November, Elliot mempublikasikan pertama kali seri yang panjang dari Interpretive Letters yang menganalisa dan meramalkan pergerakan pasar saham. Pada awal tahun 1939, Elliot menulis 12 artikel tentang Wave Principle di majalah Financial World. Melalui artikel-artikel ini, Elliot semakin dikenal di komunitas investasi, dan membuatnya mempublikasikan seri “Educational Bulletins”.

Pada awal 1940-an, Elliot telah membangun konsep yang menyatakan bahwa emosi dan kegiatan manusia mengikuti gerak maju alam yang diatur oleh hukum alam. Elliot menghubungkan pola kumpulan perilaku manusia dengan fibonacci atau golden ratio. Elliot kemudian menerbitkan semua hasil karyaninya ini ke dalam buku Nature’s Law - The Secret of The Universe. Buku ini diterbitkan pertama kali pada tanggal 10 Juni 1946 dan dilaporkan 1000 buku terjual cepat kepada berbagai anggota komunitas keuangan New York.

Dua tahun setelah terbitnya buku ini, Elliot akhirnya meninggal dunia. Saat ini banyak trader, manager investasi, dan investor menggunakan Wave Principle sebagai alat pengambil keputusan investasi. Raplh Elliot tidak diragukan lagi akan puas melihat ini semua.

Pelajaran dari Ralph Nelson Elliot :
  • Trading tidak mengenal batasan usia. Pada usia berapa pun Anda dapat memulai mempelajari trading dan bisa mencapai kesuksesan, seperti Ralph Nelson Elliot yang baru mempelajari trading pada usia 58 tahun. Yang terpenting dalam mencapai kesuksesan adalah diri Anda sendiri.
  • Jangan pernah putus asa dalam hidup, meskipun Anda mengalami sakit yang parah. Jika Ralph Nelson Elliot menyerah ketika dia mengalami penyakit anemia dan harus berbaring di tempat tidur, maka tentunya tidak akan pernah ada Elliot Wave bukan !!!