11 November 2014

Nicolas Darvas

Anda pernah membaca atau mendengar judul buku “How I Made 2,000,000 in The Stock Market”? Sebuah buku dengan judul yang tentunya menarik perhatian orang untuk membacanya. Buku tersebut ditulis oleh Nicolas  Darvas  yang  menceritakan bagaimana dia mendapat keuntungan di pasar saham.

Nicolas Darvas lahir di Hungaria dan kuliah jurusan ekonomi di University of Budapest. Ketika Nazi dan kemudian Rusia menguasai Hungaria,  Darvas   akhirnya kabur ke Istanbul, Turki. Kemudian Darvas bertemu dengan Julia yang akhirnya menjadi partner di team tari yang cukup sukses di Eropa dan Amerika.

Di sela-sela waktunya sebagai penari, Darvas membaca 200-an buku tentang pasar dan spekulator besar. Buku kesukaan Darvas yang hampir tiap minggu dia baca adalah “The Battle of Investment Survival” yang ditulis oleh Gerald M. Loeb dan “Tape Reading and Market Tactics” yang ditulis oleh Humphrey Bancroft.

Strategi trading Darvas adalah mencari saham yang harganya telah mengenai 52 week-high. Pemilihan saham didasarkan informasi dari Barron’s Magazine. Majalah ini umumnya Darvas dapat 1 minggu lebih lambat karena pekerjaannya sebagai penari keliling dunia.  Darvas memerintahkan order buy dan sell kepada brokernya di New York melalui telegram. Darvas memperoleh keuntungan $ 2.450.000 dalam jangka waktu 18 bulan selama tahun 1957 sampai 1958.

Pada umur 39 tahun, Darvas mendokumentasikan aksi tradingnya dalam buku “How I Made 2,000,000 in The Stock Market”. Setelah itu Darvas menerbitkan beberapa buku lain, di antaranya “The Anatomy of Success” dan “Yes You Can Still Make It In The Market”. Darvas akhirnya meninggal dunia pada tahun 1977.

Pelajaran dari Nicolas Darvas :

  • Teladan yang kita bisa contoh dari Nicolas Darvas adalah membaca buku. Sebagian dari Anda mungkin menganggap ini hal sepele dan tidak penting untuk dijadikan pelajaran. Namun membaca adalah penting. Dengan membaca kita memperoleh banyak informasi yang walaupun tidak kita gunakan sekarang, tapi pasti suatu saat akan bermanfaat. Sudah berapa banyak buku tentang trading yang Anda baca?