16 November 2014

Traders Action Zone

Traders Action Zone (TAS) adalah zona buy dan sell di chart yang digunakan swing trader untuk mengidentifikasi kemungkinan reversal.  Untuk memahami TAS ini, pertama-tama kita akan melihat beberapa tipe trader yang menggunakan daily chart dalam analisa mereka.

Position Trader
Position trader akan memegang saham sampai waktu yang lama. Mereka membeli saham saat terjadi breakout setelah masa konsolidasi. Tekanan beli ini yang memulai uptrend. Mereka berharap dua tipe trader lainnya akan mendorong harga saham terus naik.

Momentum Trader
Tipe momentum trader ini membeli saham yang menunjukkan memiliki momentum untuk bergerak naik. Mereka membeli saham setelah adalah pergerakan besar dan memegang saham dalam jangka pendek. Mereka berharap saham naik dengan cepat untuk mendapatkan profit dalam jangka pendek.

Swing Trader
Swing trader membeli saham yang  mengalami retracement. Memegang saham untuk beberapa hari dan kemudia menjualnya. Saat terjadi retracement, langkah ini  diulangi lagi.


Pada chart di atas, TAZ bagi swing trader berada di antara Simple Moving Average (SMA) 10 dan SMA-30. Ini adalah area dimana swing trader melihat kemungkinan terjadinya reversal ke atas saat uptrend atau reversal ke bawah saat downtrend. 

Dalam penggunaan moving average, kita dapat memilih Simple Moving Average atau Exponential Moving Average. Perbadaan antara keduanya tidak terlalu signifikan. Yang terpenting adalah kita menggunakan periode 10 dan 30.

Dengan adanya TAZ ini akan memudahkan kita dalam memilih saham yang akan masuk ke watchlist kita. Tentunya tidak semua saham ketika berada di TAZ ini akan terjadi reversal. Kita dapat menggabungkan TAZ ini dengan candlestick pattern, support resistance, trendline, atau lainnya untuk menentukan entri.