14 November 2014

Patuhilah Hukum Pasar

Trading berbeda dengan profesi-profesi lain dan memerlukan cara berpikir yang berbeda. Para profesional di pekerjaan-pekerjaan lain percaya bahwa melakukan setiap hal dengan benar akan mampu mengatasi setiap permasalahan. Namun dalam trading, jika kita melawan pasar karena kita merasa benar adalah sama dengan bunuh diri.

Pasar trading memiliki hukum atau aturan sendiri. Kita harus belajar untuk mematuhinya. Sebagai trader kita tidak dapat membuat hukum sendiri yang mampu membuat pasar mengikuti.

1. Tidak ada tempat untuk berharap

Tidak seperti bisnis lain, dalam trading tidak ada “negosiasi” antara kita sebagai trader dengan pasar. Jika dalam bisnis lain kita masih bisa bernegosiasi untuk mendapatkan yang kita harapakan, namun tidak dengan trading. Pasar akan naik atau turun tanpa peduli apa yang kita inginkan. 
Jika pasar mengalami downtrend dan kita sedang memiliki posisi long,  kita  tidak dapat bernegosiasi dengan pasar. Pasar tidak akan memperdulikan harapan kita. Satu-satunya jalan keluar adalah segera menutup posisi untuk meminimalkan risiko. Momen dimana kita mulai berharap, itulah saat yang terbaik untuk segera keluar dari pasar.

2. Tidak ada kebenaran

Seorang yang perfeksionis ingin selalu sempurna dalam segala hal. Kebutuhan untuk selalu benar adalah salah satu konflik lain di pasar trading. Pasar tidak peduli apa yang kita inginkan. Pasar akan tetap melakukan apa yang dia ingin lakukan.  

Kita tidak bisa benar 100%. Kita harus menyadari ketika analisa kita salah. Jika analisa kita salah dan kita mengalami loss, namun kita tetap merasa analisa kita benar dan merasa  pasar akan akan berbalik arah, maka seringkali loss tersebut akan menjadi semakin besar.

Perlu diingat bahwa tujuan utama kita trading adalah untuk menghasilkan uang dan bukan untuk selalu benar.

3. Tidak ada keadilan 

Jangan berharap menemukan keadilan di pasar. Kita tidak bisa berharap pasar akan adil kepada kita, setelah serangkaian loss kita akan mendapatkan profit. Apakah kita gembira atau sakit, pasar tidak peduli. Pasar dalam trading adalah zero-sum game. Kesedihan yang dialami seorang trader adalah kegembiraan bagi trader yang lain.

Belajarlah mengontrol emosi, baik saat win ataupun loss. Trader biasanya menjadi ceroboh saat mengalami loss atau mendapat profit yang besar. Ingatlah selalu bahwa kita tidak dapat mengontrol pasar, yang dapat kita kontrol adalah diri kita sendiri. Dengan disiplin dan komitmen kita dapat mengikuti hukum pasar dan bukan melawannya.