14 November 2014

Wide Range Candle Retracement

Bagi Anda yang senang swing trading mungkin pernah mengalami pasar sudah bergerak cukup besar namun Anda tidak ikut mengambil posisi. Tentunya Anda ingin ikut dalam pergerakan pasar tersebut, namun seringkali tidak tahu kapan harus ikut masuk mengambil posisi. Salah satu cara adalah dengan memperhatikan adanya retracement pada wide range candle.


Wide range candle adalah candle dengan body yang sangat panjang jika dibandingkan rata-rata body candle sebelumnya. Terkadang setelah munculnya wide range candle ini harga tidak terus naik namun mengalami retracement terlebih dahulu sampai menemukan      support.


Sebagai contoh adalah chart STV di atas. Setelah ada wide range candle, STV mengalami retracement sampai retracement tersebut  menemui   support dan tidak bisa lagi turun ke bawah. Setelah   tidak bisa menembus support, akhirnya STV naik dari support 6.4 sampai 7.8.

Wide range candle retracement ini dapat kita gunakan sebagai entri untuk mengambil posisi atau untuk menambah posisi trading kita. 

Kita dapat pula memilih time frame yang lebih panjang untuk mencari wide range candle dan menggunakan time frame yang lebih pendek sebagai entri.


Sebagai contoh chart mingguan MLIA di atas setelah mengalami wide range cande mengalami retracement sampai support pada 390. Kita dapat menggunakan chart harian untuk entri. Dari weekly wide range candle dapat kita  tarik fibonacci retracement. Dari fibonacci retracement tersebut dapat terlihat harga tidak mampu turun menembus level fibonacci 50%. Entri dapat kita tetapkan jika harga naik di atas level fibonacci 23,6%. Setelah mampu naik menembus level fibonacci 23,6%, MLIA terus naik sampai di atas 700.


Retracement yang terjadi pada wide range candle dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk mengambil entri.